Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNIMUDA Sorong Lolos Program PPK ORMAWA Tahun 2022 👁️️ 153

By Operator Website Jumat, 23 September 2022 | 12:03 pm Berita

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia UNIMUDA Sorong Lolos Program PPK ORMAWA Tahun 2022

PPK Ormawa (Program Penguatan Kapasitas) merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek sebab mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat. PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas Organisasi Kemahasiswaan melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh PT (Perguruan Tinggi)vyang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Proposal yang diajukan oleh PT merupakan kumpulan dari berbagai gagasan/ide/usulan kegiatan dari satu atau lebih Ormawa. Gagasan/usulan kegiatan merupakan bentuk pengabdian atau pemberdayaan masyarakat yang disusun oleh Organisasi Kemahasiswaan resmi yang ada di perguruan tinggi, yang dapat diimplementasikan dalam berbagai program sesuai dengan topik yang dipilih.

Adapun yang berhasil lolos pendanaan PPK Ormawa Tahun 2022 sebanyak 328 (tiga ratus dua puluh delapan) sub proposal dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, termasuk dari salah satu sub proposal yang lolos pendanaan setelah melewati beberapa tahap penilaian, dengan judul “Community Based Tourism (CBT) oleh Masyarakat Kelurahan Katinim, Kabupaten Soron,g Papua Barat Guna Membangun Pariwisata Berkelanjutan”. Setelah melakukan survey dari beberapa daerah yang ada di daerah Sorong, Kelurahan Katinim menjadi pilihan dari mahasiswa teknik kimia untuk menjalankan programnya. Sesuai dengan topiknya yaitu Desa/Kelurahan Maritim, yang melihat permasalahan dan potensi yang ada pada daerah tersebut. Adapun tujuan dari program yang telah diambil adalah untuk memanfaatkan cagar alam yang tersedia di pantai Katapop Kelurahan Katinim Distrik Salawati sebagai tempat wisata, serta untuk menjaga dan melestarikan biota-biota laut yang ada pada daerah tersebut.

Pengembangan pariwisata dengan Community Based Tourism (CBT) memiliki kekuatan penggerak perekonomian yang sangat luas guna membangun pariwisata berkelanjutan, tidak semata-mata terkait dengan peningkatan kunjungan wisatawan, namun yang lebih penting lagi adalah pengembangan pariwisata yang mampu membangun semangat kebangsaan apresiasi kekayaan seni budaya bangsa. Dengan berjalannya program saat ini tidak luput dari bantuan pemerintah setempat seperti kelurahan, distrik dan polsek wilayah tersebut. Dengan melibatkan kerjasama dengan dinas pariwisata dan Pasmar Koarmada Tiga AL, untuk mengembangkan kampung tersebut. Tak lupa akan usaha dan kerja tim HMTK yang melibatkan masyarakat dalam proses pengerjaanya. Target penyelesaian program akan berakhir di bulan desember, dengan membuat laporan kerja kegiatan.

Adanya PPK Ormawa ini menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif yang peduli akan perkembangan bangsa saat ini dengan membangun wilayah dimulai dari hal kecil yang akan menjadi salah satu ikon yang menarik dari wilayah tersebut, dan juga mampu mengembangkan jiwa sosial yang tidak akan di dapatkan mahasiswa dalam mata kuliah apapun. Walaupun dari proses pengerjaan tersebut bukanlah hal yang mudah dan mengalami beberapa hambatan baik dari segi jarak, lokasi, dan waktu tetapi kembali pada tujuan awal dari tim HMTK UNIMUDA Sorong. Semoga ini bukan menjadi program yang terakhir bagi mahasiswa HMTK dan siap menyambut program selanjutnya yang berkaitan dengan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa. (**) 

By Operator Website Jumat, 23 September 2022 | 12:03 pm