KPM Hutan Merdeka, Konsep Riil Pemberdayaan Masyarakat Papua 👁️️ 525

By Operator Website Kamis, 21 Oktober 2021 | 05:50 am Kegiatan

KPM Hutan Merdeka, Konsep Riil Pemberdayaan Masyarakat Papua

Distrik Konda, Kabupaten Sorong Selatan telah dilakukan Workshop Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Hutan Merdeka yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang bersenergi dengan Yayasan EcoNusa dan Pemerintah Distrik Konda Kab. Sorong Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 30 Hari yang tersebar di 4 Kampung di Distrik Konda. Kuliah Pengabdian Masyarakat ini menghasilakn beberapa produk pengabdian diantaranya adalah Es Cream, Sambal Nanas, Pupuk Organik Cair, Kopi Manggrove, Selai Nanas, Pertanian Hidroponik, Media Tanam dari sarang burung maleo, dan lain sebagainya. Hal ini sesuai dengan instruksi Rektor Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong yang menekankan bahwa KPM kali ini harus memiliki produk yang dapat dikembangkan oleh masyarakat papua, sehingga UNIMUDA Sorong turut serta membangun manusia yang ada Papua barat, apalagi saat ini bekerja sama dengan yayasan EcoNusa. Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh seluruh masyarakat yang ada di distik konda, tidak kecuali Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan yang dalam hal ini di wakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung. 

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh UNIMUDA Sorong dan EcoNusa ini kepada masyarakat distrik konda. kami akan mencontoh dan berupaya meneruskan konsep pemberdayaan ini sehingga masyarakat dapat berdikari di tanahnya sendiri. kami akan terus memantau perkembangannya melalui bidang terkait "Kata Kepala DPMK. 

Wakil Rektor III UNIMUDA Sorong dalam sambutannya mewakili Rektor UNIMUDA Sorong menyampaikan bahwa UNIMUDA Sorong telah memberikan konsep pemberdayaan masyarakat yang dapat diterima denagn mengembangkan potensi setiap kampung  masing-masing. Harapan kami, pemerintah dapat meneruskan konsep ini, dengan memfasilitasi warga untuk dihubungkan dengan stakeholders yang ada seperti UMKM ataupun dunia Industriyang ada sehingga produk yang dihasilkan masyarakt dapat berkembngan demi kebangkitan ekonomi warga. 

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa SKPD yang ada di lingkup Kab. Sorong Selatan dn juga perwakilan dari yayasan EcoNusa. KPM Hutan Merdeka ini merupakan bagian pembelajaran dari Implementasi MBKM yang ada di UNIMUDA Sorong. SJ.

By Operator Website Kamis, 21 Oktober 2021 | 05:50 am