Mahasiswa UNIMUDA Sorong Lolos Jadi Finalis Ajang Debat Bergengsi NUDC 👁️️ 102

By Operator Website Sabtu, 17 September 2022 | 12:57 pm Berita

Mahasiswa UNIMUDA Sorong Lolos Jadi Finalis Ajang Debat Bergengsi NUDC

Mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mencatat prestasi dalam National University Debate Championship (NUDC) 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Puspresnas Kemendikbud RI). Mereka adalah Mutiara Nabila Purnama Sani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2019), Ezri Trifena Oraple (Bahasa Inggris 2021), dan Filemon Christian Waroy (Hubungan Internasional 2020).

Para mahasiswa tersebut tergabung dalam satu tim debat yang terdiri dari 2 debater dan 1 orang N1 Adjudicator. Tim ini menjadi salah satu tim yang dinyatakan lolos ke tingkat Nasional mewakili Unimuda Sorong. Keputusan tersebut terlampir dalam Surat No. 0120/J7.1/KM.01.02/2022 perihal pengumuman peserta NUDC tingkat Nasional pada 27 Juni 2022.

Sebelumnya, mereka sudah melewati tahap seleksi tingkat universitas lalu diambil best speaker untuk mewakili kampus ditingkat wilayah. Kemudian tim Unimuda Sorong lolos tingkat wilayah LLDikti XIV dan pada akhirnya maju ke tingkat nasional. Mutiara Nabila selaku Debater 1 menjelaskan bahwa mekanisme kompetisi NUDC 2022 tidak berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya dimana perlombaan dikemas dalam bentuk video debat yang diunggah ke platform Youtube dan pada tingkat nasional dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom metting.

“ jadi pertama kita ikut seleksi tingkat universitas lalu para juri memilih best speaker untuk mewakili kampus ditahap berikutnya. Jadi ada seleksi untuk debater dan adjudicator dan terpilihlah aku dan Ezri Trifena sebagai debater lalu Filemon Christian Waroy sebagai adjudicator” ujarnya

Sementara itu, Filemon Christian Waroy membagikan pengalaman dan harapannya ketika menjadi N1 adjudicator

“ini pertama kali dalam hidup saya menjadi juri dalam ajang kompetisi NUDC tingkat nasional dan pengalaman yang luar biasa bisa menilai debater dari universitas lain yang ada di Indonesia . Harapannya semoga kedepannya Unimuda Sorong membentuk wadah yang bisa mengasah bahasa inggris saya dalam berdebat maupun hal lainnya ” pungkasnya

Tim NUDC Unimuda sorong menjadi satu diantara lima universitas di provinsi Papua dan Papua Barat yang berhasil menjadi perwakilan dari LLDikti XIV. (JS)

By Operator Website Sabtu, 17 September 2022 | 12:57 pm