Tim PPK Ormawa Tapak Suci UNIMUDA Sorong Siap Tingkatkan Lahan Pertanian Dengan Konsep Permakultur di Kampung Klasmelek 👁️️ 179

By Operator Website Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:59 am Berita

Tim PPK Ormawa Tapak Suci UNIMUDA Sorong Siap Tingkatkan Lahan Pertanian Dengan Konsep Permakultur di Kampung Klasmelek

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Tapak Suci Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong melaksanakan sosialisasi program Peningkatan Lahan Pertanian Produktif dan Berkelanjutan Melalui Teknologi Permakultur pada hari Sabtu (20/8/2022) di Balai Pertemuan Kampung Klasmelek, Kabupaten Sorong.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Lembaga Kemahasiswaan Unimuda Sorong Aldila Mawanti Athirah., M.Si , Kepala Kampung Klasmelek, Aparat Pemerintah Desa, Badan Musyawarah Kampung (BAMUSKAM), Komunitas Peduli Papua (KOMPIPA) serta Kelompok Tani Papua Jaya.

Ibu Aldila Mawanti Athirah., M.Si selaku Kepala Lembaga Kemahasiswaan Unimuda Sorong dalam sambutannya memberikan apresiasi dan motivasi kepada mahasiswa yang akan melakukan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di desa.

“selamat kepada tim Tapak Suci Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang telah berhasil lolos pendanaan dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) yang di inisiani oleh Kemendikbudristek Tahun 2022. Lolosnya tim Tapak suci ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Unimuda Sorong maupun Tapak Suci sendiri karena dapat menorehkan prestasi dikancah nasional. Hal ini patut di apresiasi.” ujarnya

Lanjutnya, Kepala Lembaga Kemahasiswaan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kampung dan masyarakat yang sudah menerima mahasiswa untuk melakukan pengabdian selama 5 bulan di Kampung Klasmelek.

“mahasiswa kami akan melakukan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat selama 5 bulan dikampung ini dengan kosentrasi pada peningkatan lahan pertanian produktif dengan konsep permakultur. saya berharap masyarakat dapat membantu mensukseskan program PPK Ormawa ini.”

Sasaran dari program ini adalah Kelompok Tani Papua Jaya yang mana kelompok tersebut beranggotakan Orang Asli Papua (OAP). Adapun kegiatan yang dilaksanakan mulai dari pembersihan lahan, pembuatan kandang kelinci, pembuatan kandang ayam yang terintegrasi dengan budidaya ikan lele serta pelatihan pemasaran produk dari hasil budidaya permakultur.

Sementara itu Kepala Kampung Klasmelek Bapak Syarifudin., S.Pd dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya program dari mahasiswa ini dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia terutama Kelompok Tani Papua Jaya.

“saya sebagai kepala kampung sangat mendukung program yang dibawa oleh mahasiswa Unimuda Sorong khususnya Tim Tapak Suci. Saya harap program ini dapat diikuti dengan baik oleh Kelompok Tani Papua Jaya sehingga mampu meningkatkan perekonomian kelompok tani tersebut.”

Hadir sebagai pemateri dari KOMPIPA yaitu Mas Triantoro selaku praktisi permakultur yang ada di Kabupaten Sorong. Materi yang disampaikan oleh Mas Triantoro terkait sejarah permakultur, etika permakultur, dan prinsip-prinsip permakultur.

Tim PPK Ormawa Tapak Suci Unimuda Sorong beranggotakan 15 orang yang diketuai oleh Joko Setiawan berharap dengan kegiatan ini kelompok tani sasaran mampu mengenalkan Kampung Klasmelek sebagai kampung agrowisata melalui konsep kebun permakultur serta kegiatan ini dapat berlanjut setelah periode program PPK Ormawa berakhir. (JS)

 

By Operator Website Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:59 am