UNIMUDA Eksis dalam Kampanye #PlastikTaraAsik Melalui Film Dokumenter πŸ‘οΈοΈ 372

By Operator Website Kamis, 07 April 2022 | 22:44 pm Kegiatan

UNIMUDA Eksis dalam Kampanye #PlastikTaraAsik Melalui Film Dokumenter

Sorong (07/04/22) Dosen dan mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong mengikuti kolaborasi dalam produksi film dokumenter dari Bank Sampah Sorong Raya bersama Yayasan Misool Baseftin. Dari seleksi kolaborasi tersebut terpilihlah 3 tim yang berhasil di fasilitasi full oleh Yayasan Misool Baseftin tersebut. Film dokumenter yang berhasil dihasilkan berjumlah 4 produksi yang dirangkum menjadi 1 film dokumenter yang bertema “Warisan Surga Kecil Bebas Plastik”  salah satunya dari Unimuda Sorong yaitu Film “Living with Plastic” diketuai oleh Aldila Mawanti Athirah (Dosen Agribisnis) dengan tim yang terdiri dari Indra Yogi Wijayanto (Alumni Prodi Pendidikan Mtematika), Ira Resky Ikhtianah, dan Burhanuddin (Mahasiswa Prodi Agribisnis).

Film dokumenter tersebut diputar di masing-masing wilayah pengambilan film dan diputar kembali di bioskop XXI Sorong. Dihadiri oleh Europe Union, GIZ, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Sorong serta berbagai instansi lainnya. Dengan harapan dapat menyadartaukan kepada masyarakat Sorong Raya terhadap perilaku konsumsi berkelanjutan, dalam hal terkait pengurangan penggunaan plastik sekali pakai beserta dampaknya. Film dokumenter ini juga diharapkan dapat diputar di setiap sekolah-sekolah agar memberikan edukasi terkait sampah plastik sekali pakai serta dampaknya untuk kehidupan dikemudian hari.

Kagiatan ini merupakan bagian dari Proyek ‘Rethinking Plastic - Circular Economy Solutions to Marine Litter’ mendukung transisi menuju ekonomi sirkular untuk plastik di tujuh negara di Asia Timur dan Asia Tenggara untuk mengurangi sampah di laut secara signifikan. Proyek ini bekerja antara lain di bidang pengelolaan sampah plastik, konsumsi dan produksi plastik yang berkelanjutan, serta pengurangan sampah yang berasal dari laut. Ini didanai bersama oleh the European Union and the German Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ) dan diimplementasikan secara bersama oleh Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH and Expertise France. Negara-negara mitra untuk topik-topik terpilih adalah China, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam serta Jepang. Kegiatan ini menjadikan Unimuda Sorong menjadi bagian yang mendukung kampanye #PlastikTaraAsik. (AMA/IR)

https://www.kompas.tv/article/278191/nobar-film-dokumenter-sampah-plastik-masyarakat-diajak-jaga-lingkungan

 

By Operator Website Kamis, 07 April 2022 | 22:44 pm