UNIMUDA Siap Ikuti & Sukseskan Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tahun 2022 👁️️ 370

By Operator Website Kamis, 07 April 2022 | 13:39 pm Berita

UNIMUDA Siap Ikuti & Sukseskan Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tahun 2022

Rabu, 06 April 2022, Lembaga Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong mengadakan kegiatan “Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tahun 2022” dalam rangka mensukseskan dan mempersiapkan ormawa di lingkungan UNIMUDA Sorong pada Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tahun 2022. Narasumber yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Purworejo yakni Dr. (Cand) Jeki Mediantari Wahyu Wibawanti, M.Eng., M.Si. sebagai pemateri tunggal dalam kegiatan Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tahun 2022. Tika Amanda sebagai MC sekaligus moderator.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UNIMUDA Sorong yakni Dr. Rustamadji, M.Si. dan Wakil Rektor III yakni Sirojjuddin, M.Pd. para dekan, ketua program studi, dosen dan mahasiswa. Rektor mendukung kegiatan ini dimana program PPK Ormawa merupakan transformasi dari program-program yang ada dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

PPK Ormawa merupakan program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Transformasi dari Program Pemberdayaan Masyarakat: PHP2D, P3D, dan Wiradesa kedalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Tujuan PPK Ormawa yakni (a) Peningkatkan kinerja perguruan tinggi dalam memperkuat kapasitas Ormawa agar mampu menjadi Organisasi Kemahasiswaan yang kompeten, modern, berkarakter dan cinta tanah air, (b) Meningkatkan kapasitas Organisasi Kemahasiswaan untuk menjadi organisasi yang berkarakter Pancasila, berprinsip bela negara dan menjadi inisiator pembangunan, serta meningkatkan kompetensi softskills mahasiswa, (c) Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam hal kepemimpinan,kerjasama tim,kepedulian sosial, kemampuan berpikir kritis, kreatif, penyelesaian masalah, komunikasi, kolaborasi, dan berliterasi teknologi informasi dan (d) Menginisiasi kemajuan wilayah desa/kelurahan di Indonesia sesuai topik yang dipilih. PPK Ormawa 2022 mempunyai 14 Topik Proposal yakni Sociopreneur, Pertanian Masa Depan, Sekolah Perempuan, Desa/Kelurahan Digital, Sanggar Tani Muda, Konservasi Tanaman Obat, Rumah Sampah Digital, Desa /Kelurahan Sehat, Desa/Kelurahan Cerda, Rumah Inovasi, Kampung Iklim, Desa/Kelurahan Maritim, Desa/Keluarahan Hutan, dan Aktivitas Pilihan Lain Ormawa.

Dr. (Cand) Jeki Mediantari Wahyu Wibawanti, M.Eng., M.Si. menyatakan bahwa mahasiswa adalah Generasi Muda Tonggak Pengerak Perubahan Bangsa, hal ini selaras dengan PPK Ormawa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. PPK Ormawa untuk meningkatkan mutu organisasi kemahasiswaan yang diisi dengan pembelajaran di masyarakat sekaligus mempraktikan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Dengan terselenggaranya kegiatan nyata di masyarakat, kapasitas dan kemampuan organisasi kemahasiswaan diharapkan akan lebih bermakna sebagai wadah mahasiswa mengembangkan soft skills sesuai yang diharapkan oleh Pemerintah untuk menjadi SDM Unggul. Program yang ditawarkan yaitu Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).

Berbagai praktik yang baik dilakukan oleh organisasi kemahasiswaan di program ini merupakan aktualisasi ciri pembelajaran abad 21 yaitu kemampuan berpikir kritis, kreatif, mampu menyelesaikan masalah, komunikatif, kolaboratif, memiliki literasi teknologi informasi, berjiwa kepemimpinan, dan bertindak positif dan produktif atas dorongan nurani. Pelaksanaan PPK Ormawa juga diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas Ormawa, dan berdampak pada karakter mahasiswa yang berjiwa Pancasila, memiliki daya kepemimpinan dan kemampuan bekerja sama dalam tim.

Mahasiswa UNIMUDA Sorong sangat antusias dalam kegiatan Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Tahun 2022. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kapasitas dan kemampuan organisasi kemahasiswaan diharapkan akan lebih bermakna sebagai wadah mahasiswa mengembangkan soft skills dan berkontribusi kepada masyarakat. (YA)

By Operator Website Kamis, 07 April 2022 | 13:39 pm