UNIMUDA Sorong Kembali Bertengger di Peringkat Atas dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Tahun 2022 ๐Ÿ‘๏ธ๏ธ 349

By Operator Website Rabu, 08 Juni 2022 | 15:46 pm Berita

UNIMUDA Sorong Kembali Bertengger di Peringkat Atas dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Tahun 2022

Rabu, 08 Juni 2022, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan ke-2 mendapatkan kuota 300 mahasiswa, dimana UNIMUDA Sorong masuk ke rangking 2 top 5 PTMA se-Indonesia penerima kuota Program Pertukaran Mahasiswa dan rangking 10 top 10 PTN & PTS penerima kuota Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2.

Mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-2 menjatuhkan pilihan kepada Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dengan jumlah pendaftar 356 mahasiswa inbound. Dengan demikian Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong menjadi Perguruan Tinggi terfavorit & terbanyak di tanah Papua dibandingkan Perguruan Tinggi lainnya di dikunjungi selama satu semester.

Rektor UNIMUDA Sorong yakni Dr. Rustamadji, M.Si. mengatakan bahwa "ini menjadi cerminan UNMIDA Sorong yang mempunyai mental petarung dan tradisi juara”.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-2 yang diselenggarakan pada Tahun 2022 (PMM 2) merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester  dari  satu  pulau  ke  pulau  lainnya  guna  memberikan  pengalaman kebinekaan melalui keikutsertaan dalam Modul Nusantara, mata kuliah, dan berbagai aktivitas  terkait  yang  dapat  memperoleh  pengakuan  kredit hingga  20  sks.          

Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah salah satu dari 8 program MBKM yaitu pertukaran mahasiswa dalam negeri yang mempertukarkan mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi se-Indonesia. Pertukaran Mahasiswa Merdeka mensyaratkan pembelajaran sebanyak 20 sks, termasuk di dalamnya 2 sks Modul Nusantara. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang difokuskan untuk menciptakan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial yang didesain melalui pembimbingan secara berurutan dan berulang. Kegiatan Modul Nusantara dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka masuk dalam kategori bidang non-akademik sebagai penciri khusus yakni modul nusantara mencakup aktivitas eksplorasi keragaman budaya, agama, dan sejarah di Kawasan perguruan tinggi (Kebinekaan), menggali inspirasi dari figur-figur inspirasi daerah (Inspirasi), melakukan refleksi bersama melalui diskusi, talk show, dokumentasi, atau tulisan (Refleksi), serta menginisiasi kegiatan sosial bagi masyarakat (Kontribusi Sosial).

Modul Nusantara bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan ruang perjumpaan antar mahasiswa, menambah pemahaman, dan pengendapan makna toleransi. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan Nusantara yang bersumber dari berbagai golongan, suku, ras, agama dan kepercayaan.

Tujuan dari Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yakni (a) Meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya, (b) Mengembangkan kepemimpinan dan softskills yang adaptif terhadap beragam latar belakang sehingga meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme, (c) Memberi  kesempatan  kepada  mahasiswa  untuk  mendapatkan  pengalaman belajar di Perguruan Tinggi (PT) Penerima, serta mendapat pengakuan kredit, (c) Memperkuat, menambah, dan memperkaya kompetensi mahasiswa.

Mahasiswa inbound dari luar Perguruan Tinggi dan outbound dari UNIMUDA Sorong sangat antusias dalam kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan ke-2 Tahun 2022. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya dengan mengembangkan kepemimpinan dan softskills yang adaptif terhadap beragam latar belakang sehingga meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme, memberi  kesempatan  kepada  mahasiswa  untuk  mendapatkan  pengalaman belajar di Perguruan Tinggi (PT) Penerima, serta mendapat pengakuan kredit maupun memperkuat, menambah, dan memperkaya kompetensi mahasiswa. *(YA)

By Operator Website Rabu, 08 Juni 2022 | 15:46 pm